Sunday, April 24, 2011

xy = x/y = x-y


Mungkin soal ini udah “klasik” tapi ini menarik loh
hitunglah x + y  jika xy=x/y=x-y

dengan ketentuan x dan y bukan 0
pertama” saya pikir jawaban nya itu berupa variabel juga , tapi ternyata angka”. Nah dari sini saya bingung setelah di pangkat , di akar dan di panjang panjang kan malah tambah bingung :D. Aku minta bantuan ke teman yang pintar dalam waktu 4 jam sudah ketemu tapi menggunakan cara coba”. Saya tanya cara kerja nya dan dia hanya bilang ” gw memutar cara kerja otak gw 180 drajat”Dari jawaban yg dia dapatkan dan kata”nya baru bisa saya simpulkan bahwa soal ini gak harus di hitung , tapi dengan cara yang di sebut oleh orang jago metematika adalah nalar


Pertama” saya lihat persamaan yang ini xy=x/y  ternyata y sudah bisa di simpulkan menjadi 2 kemungkinan yaitu -1 dan 1 .Karena berapapun angka nya kalau di kali  1 dan di bagi 1  hasil nya pasti sama, di sisi lain berapapun angka yang di kali -1 dan di bagi -1 hasilnya pasti sama

Mari kita tes satu per satu

*)jika y=1 maka xy = x-y

x(1) = x - 1
    x = x - 1
    1 = x - x
    1 = 0         ; hal ini menunjukan bahwa y = 1 itu salah

*)jika y = -1 maka xy = x - y

x(-1) = x - 1

   -x  = x + 1
    1  = x + x
   -1  = 2x
    x  = -1/2  atau x = -0,5

Dari penghitungan di atas telah di dapatkan x = -1/2 dan y = -1. Sebelum menyimpulkan jawaban nya , lebih baik kita mencocokan nya dulu
       xy    =        x/y    =        x-y

(-0,5)(-1) = (-0,5)/(-1) = (-0,5)-(-1)

     0,5     =       0,5     =        0,5
0,5 = 0,5 = 0,5
Ternyata cocok
AMAZING !!!!
jadi, x + y = (-0,5) + (-1) = -1,5

No comments:

Post a Comment

review  on alexa.com
review dayelm.blogspot.com on alexa.com