Tuesday, April 26, 2011

Kontribusi Islam dalam Matematika

Salah satu ilmuwan Muslim yang memberikan sumbangan besar dalam pengembangan matematika adalah Muhammad bin Musa al-Khawarizmi [780-850]. Al-Khawarizmi atau yang di Barat lebih dikenal dengan nama Algorisme, telah menciptakan banyak teori matematika. Di antaranya ‘algoritme’ dalam matematika modern diambil dari namanya, karena dialah yang pertama mengembangkan kaidah ini.
Pelajaran matematika kerap dijadikan sosok yang menakutkan dan dianggap sebagai mata pelajaran tersulit dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Di mata para siswa, matematika dianggap rumit dan sulit dipahami yang akhirnya membuat mata pelajaran yang satu ini tidak disukai. Padahal matematika sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti berbelanja, bermain kartu, menghitung jumlah partikel atom, dan sebagainya.
utama_3B_ed36
Sayangnya tak banyak dari kita yang mengetahui bahwa angka yang kita gunakan dalam matematika merupakan angka Arab. Dinamakan angka Arab karena angka-angka tersebut tiba di dunia Barat dari para cendikiawan yang menulis dalam bahasa Arab. Jelas bahwa kontribusi Islam dalam mata pelajaran yang satu ini sangatlah besar dan tidak bisa diperdebatkan lagi. Tak hanya matematika, Islam juga sangat berpengaruh pada ranah ilmu pengetahuan alam yang lain, seperti fisika, biologi, kimia, dan kedokteran.

Selain itu, tokoh matematika lain yang tak kalah terkenal dalam Islam adalah Umar Khayyam. Kendati lebih dikenal sebagai seorang penyair, ia memiliki kontribusi yang tak kalah penting dalam bidang matematika, terutama dalam bidang aljabar dan trigonometri. Ia juga seorang matematikawan pertama yang menemukan metode umum penguraian akar-akar bilangan tingkat tinggi dalam aljabar, dan memperkenalkan solusi persamaan kubus.

No comments:

Post a Comment

review  on alexa.com
review dayelm.blogspot.com on alexa.com