Thursday, November 11, 2010

Eratosthenes

Eratosthenes dilahirkan di Cyrene (Libya saat ini), tetapi bekerja dan meninggal diAlexandria. Dia tidak pernah menikah dan dikenal sebagai seorang yang sombong.
Eratosthenes belajar di Alexandria dan untuk beberapa tahun di Athena. Pad236 SM ia ditunjuk oleh Ptolemy III Euergetes I sebagai pustakawan Perpustakaan Alexandria,menggantikan pustakawan pertama, Zenodotos. Dia membuat beberapa sumbangan penting pada matematika dan sains, dan merupakan teman baik Archimedes. Sekitar 255 SM ia menciptakan bola armilar, yang digunakan secara luas hingga diciptakannya oreri pada abad 18. Pada 195 SM ia menjadi buta dan setahun kemudian diduga membiarkan dirinya kelaparan hingga meninggal dunia.

Ia dicatat oleh Cleomedes dalam On the Circular Motions of the Celestial Bodies sebagai orang yang telah menghitung keliling Bumi pada sekitar tahun 240 SM, menggunakan metodetrigonometri dan pengetahuan mengenai sudut kemiringan Matahari saat tengah hari di Alexandria dan Syene (sekarang AswanMesir).

  • Karya nya dalam matematika adalah cara menentukan bilangan prima  yg di kenal dengan nama saringan eratosthenes yg seperti ini
  • Karya lain nya
  1. Kemungkinan, pengukuran jarak Matahari-Bumi, sekarang disebut sebagai satuan astronomi dan jarak Bulan.
  2. Pengukuran inklinasi bidang ekliptika hingga mencapai ketelitian 7 menit busur.
  3. Katalog bintang memuat 675 bintang (namun tidak terlestarikan).
  4. Peta rute pelayaran di Sungai Nil hingga sejauh Khartoum.
  5. Peta dunia yang diketahui saat itu, dari Kepulauan Britania hingga Srilangka, dan dariLaut Kaspia hingga Ethiopia. Hanya HipparchusStrabo, dan Ptolemy yang dapat membuat peta yang lebih akurat pada masa klasik dan post-klasik.
  6. Sejumlah karya dalam teater dan etika.
  7. Sebuah kalender dengan tahun kabisat, dimana dia berusaha menentukan sejumlah tanggal pasti dan hubungan dari berbagai macam event politik dan literatur pada masanya hingga ke masa Perang Troya.

No comments:

Post a Comment

review  on alexa.com
review dayelm.blogspot.com on alexa.com